Mari Berbagi Ilmu

Bagi Ilmu Anda di sini

How To Cure Computer With Virus(es)

Lama gak posting….
Virus

Kadangkala komputer kita yang dianggap baik-baik saja karena sudah memiliki proteksi antivirus terkenal, ternyata diluar dugaan telah terjangkiti oleh virus berbahaya. Atau tiba-tiba kita tidak bisa mengakses antivirus karena telah rusak diintervensi oleh virus berbahaya. Misalnya virus WIN32/Virut.Ag atau WIN32/Sality.Ag yang memiliki kemampuan untuk merusak semua file executable, memblokir aktifitas antivirus dan merusaknya, juga virus ini akan menghalangi pengguna untuk menginstal (ulang) semua antivirus….! kecuali (maaf banget…) Smadav (antivirus ini hanya mendeteksi dan mengkarantina file hasil buatan virus, bukan virus induknya!, jadi dia tidak sanggup melindungi)

OK deh pada posting kali ini saya akan sedikit memberikan tips “Bagaimana Menanggulangi Komputer Bervirus”. Yaitu cara untuk menginstal (ulang) antivirus, sehingga tidak perlu instal ulang OS.
Oh ya… sekedar informasi bahwa saya menggunakan Kaspersky Internet Security 2011 sebagai rekomendasi. Di sini untuk melakukan tips ini diperlukan sebuah Flash Disk. Langkah 1 – 3 dilakukan di PC lain yang sehat.

  1. Buat folder delta dalam FD, misalnya “Δ Master Δ” (tanpa tanda petik. Ingat, format folder adalah: delta spasi nama folder spasi delta. Untuk membuat simbol delta bisa dengan membuatnya dari Ms.Word-insert simbol, atau menekan tombol Alt+235 ) Folder delta
  2. Siapkan dua buah tool penting, yaitu VirutKiller dan SalityKiller (karena biasanya kedua virus sality dan virut selalu bersama) ke dalam folder delta tadi
  3. Siapkan juga ke dalam folder tersebut antivirus kebanggaan anda (saya menyarankan Kaspersky 2011) sekaligus update nya
  4. Selanjutnya pada PC target silahkan hidupkan (booting) dulu PCnya setelah siap masukkan FD tadi. (saat ini kalau memang PC bervirus, dijamin FD akan langsung terinfeksi, kecuali folder delta. Ajaib kan..?!)
  5. Jalankan sality killer dan virut killer langsung dari dalam folder delta. Hal ini akan membuka jendela DOS dari masing-masing tool, di situ akan ada laporan mengenai proses pembersihan virus yang dimaksud beserta semua aktifitas background nya.
  6. Untuk proses dari kedua tool tersebut akan memakan banyak waktu tergantung dari kemampuan PC dan banyak atau sedikitnya file atau program. Nah di sini kuncinya…Tidak perlu menunggu lama, saat semua proses aktifitas virus sudah dimatikan oleh tool ini, Yaitu pada saat proses Scanning Drive… Killer saatnya kita beraksi.
    Salin master antivirus beserta update nya dari folder delta ke dalam PC, misalnya di Drive D:, Hanya file, tidak termasuk folder deltanya.
  7. Setelah disalin ke PC, dan proses dari kedua tool masih berjalan, silahkan lakukan instalasi antivirus dan ikuti semua petunjuknya seperti biasa, jika pada proses instal antivirus meminta restart, restart saja PC dengan terlebih dahulu melepas FD dari port USB dan abaikan kedua tool tadi. Setelah restart kedua tool sudah tidak perlu dijalankan lagi.
  8. Saat proses instalasi AV selesai jangan lupa segera lakukan update databasenya dan lakukan Scanning total pada PC anda

Demikian tips ini semoga bermanfaat.
Trims…

4 Juni 2011 - Posted by | Aplikasi, Windows | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: